Select Page

Hi Steemians…

medan

Sumber

Hari ini dilakukan acara untuk memperingati hari kelahiran kota Medan yang diadakan di lapangan Benteng. 428 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 1 Juli ditetapkan sebagai hari jadi kota Medan. Ternyata usianya tak lagi muda, sudah berabad lamanya kota Medan ada. Namun masih begitu banyak problema kota tercinta ini. Tentunya ada banyak harapan dan do’a dipanjatkan untuknya.

Jalan berlubang

Bagi warga kota Medan tentunya sudah tidak asing dengan tanjakan dan lubang yang menganga di beberapa bahagian jalan kota Medan. Kerap kali hal ini menimbulkan kecelakaan. Alhamdulillah sudah ada perbaikan jalan-jalan berlubang diaspal sehingga lebih nyaman dalam berkendara. Namun belum semua jalan di kota Medan mulus maka selayaknya harus berhati-hati terutama untuk ibu hamil.

Pungutan liar

Hampir semua yang berusaha mencari rezeki di Medan ini merasakan pungutan liar. Tindakan semena-mena pemuda setempat terhadap pengusaha seakan tidak akan mendapatkan hukuman. Hal ini saya dirasakan adik saya juga yang membuka prakteknya. Bila ada kegiatan tertentu pemuda setempat meminta bagian. Saya juga merasakan demikian setiap akan mengurus kepangkatan maka akan dimintai dana. Sepertinya daerah lain sudah tahu perbuatan tidak terpuji ini merajalela di sini dan tidak ada kepastian hukum untuk pelakunya.

Kendaraan yang ugal-ugalan

Untuk yang pernah memakai jasa angkutan kota atau angkot yang dulunya bahasa anak medan ‘sudako’ pasti merasakan bagaimana para supir membawa kendaraannya secara ugal-ugalan tak ubahnya seperti berada di sirkuit sentul. Kejar-kejaran mencari penumpang menjadi hal yang biasa bahkan melanggar lalu lintas pun dilakukan.

Kesulitan birokrasi

Bila kita mengurus misalnya KTP hilang atau apapun urusannya sediakanlah paling tidak waktu satu hari untu mengurus itu saja. Bukan hal yang aneh bila kita datang ke petugas dan yang bersangkutan tidak berada di tempat. Walaupun kita sudah berangkat pagi-pagi sekali belum tentu urusannya mulus. Kadang rasanya seperti dibola.

Begal

Kemungkinan karena maraknya pengguna narkoba di sini maka pelaku tidak segan-segan membegal bahkan di saat siang membawa senjata tajam. Kadang karena geramnya pelaku yang tertangkap pun dihajar massa hingga kadang membawa korban jiwa. Keselamatan warga sering terancam terutama bagi yang pulang larut malam dan melewati jalan sepi.

Itu semua  adalah sebahagian hal yang saya rasakan pada kota ini, namun pun begitu postifnya masih lebih banyak InsyaAllah kedepannya akan menjadi kota yang lebih nyaman untuk masyarakatnya. Terima kasih sudah berkunjung sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Salam

@bundaqubeki

bundaqubeki